5 Hal Perlu Anda Ketahui dari Suzuki Ertiga 2018

Sesudah dinanti-nanti, akhirnya Suzuki Ertiga generasi kedua diluncurkan di sela-sela event IIMS 2018 lalu. Mengendap tujuh tahun di lini produk Suzuki, low MPV ini akhirnya mendapat generasi penerus.

Bukan hanya facelift atau sekedar ganti aksesoris saja, Suzuki Ertiga yakni generasi dengan ubahan yang benar-benar baru secara keseluruhan mulai dari eksterior, interior dan malah mesinnya. Berikut ini 10 hal yang perlu dikenal mengenai Suzuki Ertiga 2018.

1. Dimensi Lebih Besar

Suzuki Ertiga generasi kedua kini mempunyai dimensi lebih besar dari pendahulunya. Mulai dari tinggi kendaraan beroda empat yang naik 13 cm (130 mm), lebar bertambah 4 cm (40 mm), ground clearance berkurang 5 mm dan wheelbase-nya konsisten di angka 2.740 mm.

Dibandingkan Toyota Avanza, Suzuki Ertiga baru punya ukuran panjang, lebar dan wheelbase yang lebih besar, tetapi Avanza sedikit lebih tinggi.

Tapi sekiranya dibanding Honda Mobilio, wheelbase Ertiga sedikit lebih pendek. Tapi Suzuki Ertiga lebih lebar dan lebih tinggi. Lain lagi sekiranya disandingkan dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga jadi lebih kecil.

Sempat menyinggung soal ground clearance, Suzuki Ertiga 2018 jadi sedikit lebih rendah dibanding generasi sebelumnya yang semula 185 mm, kini turun menjadi 180 mm. Untungnya, radius putarnya konsisten 5,2 m.

2. Tersedia 4 Varian

Jika di generasi sebelumnya Suzuki Ertiga tersedia dalam banyak varian seperti GA, GL, GX, Dreza GL, Dreza GX sampai Ertiga Diesel Hybrid, di generasi terkini ini hanya ada 4 varian saja.

Varian-varian hal yang demikian yakni ragam GA, GL, GX dan GX ESP untuk top of the line-nya. Masing-masing varian ada transmisi manual dan otomatis, selain ragam GA yang hanya tersedia transmisi manual aja.

Untuk ketika ini, tak ada varian Dreza dan Diesel yang statusnya discontinue dan belum ada kejelasan lebih lanjut lagi dari kedua varian hal yang demikian.

3. Perubahan Eksterior

Mulai dari fasia depan, gril Suzuki Ertiga 2018 boleh dibilang cukup kecil untuk kendaraan beroda empat kekinian. Tapi hal hal yang demikian dapat tertolong berkat lis horizontal krom yang kini lebih tipis dan disisipkan banyak lis pendek untuk menimbulkan kesan 3 dimensi.

Di dekat grill, lampu utama Suzuki Ertiga juga jadi jauh lebih pipih wujudnya. Radiator gril malah sama kecilnya, tetapi terintegrasi ke housing foglamp dengan lekukan yang cukup tegas, akhirnya kesan muka jadi lebih padat.

Suzuki ErtigaAll New Suzuki Ertiga nampak depan dengan desain facia terkini (Foto: Carmudi)

Suzuki Ertiga 2018 juga menyisakan detail yang unik. Desain plastik pipih di depan pilar A seakan ingin menegaskan ada wujud tajam. Di samping, lekukan yang paling nampak ada di garis yang ditarik dari lampu belakang lewat dua handle pintu ini sampe ke fender depan.

Pada ragam GL, handle pintu sewarna bodi dan lampu sein samping di fender depan. Pilar B sudah diberikan plastik hitam matte dan pilar C menyambung ke jendela belakang untuk menimbulkan kesan floating roof. Dimensi velg di seluruh varian sama, 15 inci dengan teladan padat warna silver, lebih kecil dari Dreza dahulu yang memakai 16 inci.

Lanjut ke bagian buritan, teladan lampu belakang didesain menekuk tajam ke tiga arah; atas, dalam dan depan. Hmm, mirip-mirip Volvo XC atau Honda CR-V.

Lampu ini disambungkan dengan lis berbahan krom di varian GL, GX dan GX ESP. Wiper belakang jelas ada, tetapi di seluruh varian Suzuki Ertiga 2018 ini tak ada defogger. Di pantat kendaraan beroda empat ini juga Suzuki Ertiga 2018 dilengkapi dengan sensor parkir.

4. Detail Lampu

Untuk detail lampu, lampu kecil atau positioning lamp dan lampu jauh depan Suzuki Ertiga 2018 ini masih memakai halogen.  Lampu besarnya juga halogen tetapi sudah dengan proyektor. Lampu sein halogen dan di spion sudah memakai sein LED. Foglamp halogen tetapi hanya di varian GX, dan kerennya, kini tombolnya sudah terintegrasi.

Walaupun lampu belakangnya, khusus varian GX sudah memakai lampu kecil LED bar yang memanjang mirip-mirip Volvo. Walaupun varian bawahnya memakai LED yang bermodel dots. Buat lampu remnya LED dots dengan high mount berhenti lamp LED. Lampu sein halogen dan lampu mundur halogen.

5. Perubahan Interior

Sama seperti desain eksteriornya, interior Suzuki Ertiga 2018 malah mengalami perubahan total. Walaupun yang sama mungkin hanya pada temanya saja yang mengusung dialek beige seperti edisi lawasnya. Contoh semacam itu, warna jok depan kini sudah dual tone, beige dan cokelat tua pada seluruh varian, padahal jok baris belakang konsisten single tone.

Desain dashboard malah berubah total. Tapi yang diusung yakni layout yang menjulang panjang ke depan mata pengemudi dan penumpang depan. Sekilas rupanya memang mirip dengan layout dashboard Innova Reborn yang sanggup memberikan kesan lebih lapang.

sebelumnya, warna dashboard juga dual tone. Khusus varian GX, ada wooden panel super memanjang pada dashboard, bagian bawah setir dan di door trim depan untuk menambah kesan mewah. Tapi menurut penilaian kami, justru panel kayu ini terlalu nampak sebuah unit aftermarket dan nampak sebagai aksesoris saja.

Leave a Comment